Senin, 21 Maret 2011

The Boat that Rocked/Pirate Radio (2009)




Director: Richard Curtis

Cast: Philip Seymour Hoffman, Bill Nighy, Chris O'Dowd, Nick Frost

Backdrop film ini adalah Inggris di tahun 1966, tahun dimana rock and roll ada pada puncak kejayaan. Namun ironisnya, British Broadcasting Channel (BBC) yang merupakan satu-satunya stasiun radio resmi di Inggris; hanya mengalokasikan kurang dari 1% waktu siarnya untuk memutar lagu-lagu rock and roll (karena identik dengan anti-establishment).

Berangkat dari kehausan akan rock and roll, muncullah radio gelap/ pirate radio bernama "Radio Rock" yang menyiarkan lagu-lagu rock and roll secara non-stop. Stasiun radio ini memancar dari sebuah kapal di laut utara (North Sea) dan menjangkau seluruh Britania Raya; digawangi oleh Quentin (Bill Nighy) yang dibantu oleh 8 orang penyiar/ DJ, yang masing-masing memiliki julukan sesuai dengan karakter mereka.



Keberadaan Radio Rock membuat gerah pemerintah Inggris, khususnya kementrian informasi. Kementrian ini kemudian berusaha membuat payung hukum untuk bisa menyegel Radio Rock dan membubarkannya.



Yang menarik dari film ini

Film ini dikemas dengan sangat ceria. Berkisah tentang Carl, seorang anak muda (anak baptis Quentin) yang dikirim ke Radio Rock. Ia mengenal satu per satu karakter DJ yang bekerja di sana, dan sempat menaruh hati pada anak gadis Quentin. Banyak adegan-adegan dan punchline yang lucu. Humor-humor nya sedikit dewasa, tapi tidak terlalu jorok. Ada juga sedikit sentuhan romance, tapi tidak terlalu mushy dan tetap kocak.



Banyak sekali lagu-lagu rock and roll dari era 1960an yang bagus; dan penempatannya di film ini pun sangat cermat.

Tokoh Favorite gue: Midnight Mark!!
Mark (Tom Wisdom) adalah orang paling cool and sexy di Pirate Radio. Dia gak banyak ngomong, tapi saat dia berbicara anda akan terhipnotis dgn kata2nya xoxo :D



The verdict

Film ini lain daripada yang lain, sangat berbeda dengan genre film Hollywood pada umumnya di tahun 2009. Film ini akan benar-benar menghibur dan membuat Anda sungguh rileks; menikmati kelucuan cerita, kehandalan aktor-aktornya, dan diselingi dengan lagu-lagu rock and roll yang enak banget di telinga. You should watch it.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar